Teguhkan Keyakinan tentang Islam

Teguhkan Keyakinan tentang Islam, Melalui Budaya islam

Spread the love

storyislam.comTeguhkan Keyakinan tentang Islam, Melalui  Budaya islam– Islam merupakan agama yang paling banyak pengikutnya dari pada agama lainnya. Namun walaupun demikian islam tetaplah menjadi agama yang sangat ideal dan membawa rahmat bagi pemeluknya. Dalam islam juga mengajarkan tentang toleransi serta saling menghargai satu sama lainnya. Hal inilah yang menjadikan agama islam menjadi agama yang mampu hidup dimanapun dan kapanpun.

            Islam sebagai agama tentunya mempunyai tradisi dan budaya islamsendiri yang mampu menjadi pembeda dengan agama-agama lainnya. Tradisi dan budaya tersebut senantiasa dilestarikan dan diturunkan dari satu generasi kegenerasi selanjutnya. Sehingga budaya tersebut tetap hidup dan dapat dirasakan hingga sekarang. 

Berikut adalah budaya islamyang harus Anda ketahui agar keyakinannya tentang islam semakin kokoh dan keimanannya kepada Allah SWT semakin bertambah.

Baca Juga : Hagia Sophia Jadi Mesjid Dan Sejarah Pilu Islam Andalusia

Upacara Adat “Sekatan”

Upacara Adat ini, menurut salah satu sumber dicetuskan oleh sunan kalijaga. Pada dasarnya sekaten berasal dari kata “Syahadatain” yang bermakna dua kalimat syahadat. Dari penamaannya dapat diketahui bahwa upacara adat tersebut merupakan upaya yang dilakukan oleh sunan kalijaga untuk memberikan meteri-materi tentang islam. dari situlah upacara adat saketan atau Syahadatain menjadi sebuah budaya Islamyang hingga hari ini tetap dilaksanakan oleh msyarakat Yogyakarta dan Surakarta.

Idul fitri dan Idul Adha

Teguhkan Keyakinan tentang Islam, Melalui  Budaya islam – Hari yang sangat ditunggu-tunggu oleh kebanyakan orang muslim adalah kedua hari raya tersebut yakni idul fitri dan idul adha. Kedua hari raya tersebut menuai banyak kebahagiaan bagi orang-orang yang menunaikannya lebih-lebih bagi mereka yang menjalankan puasa 30 hari sebelumnya. Tradisi dan budaya islam yang satu ini hampir seluruh negara yang penduduknya beragama islam merayakannya. Hanya saja penyebutannya yang berbeda, orang Indonesia menyebut idul fitri dan idul adha dengan sebutan hari lebaram.

Baca Juga : Sejarah Nabi Adam Manusia Pertama Dan Moyang Manusia

Seni Ukir Kaligrafi

Selanjutnya kebudayaan islam yang masih melekat hingga hari ini adalah seni ukir kaligrafi. Seni ukir ini biasanya sering ditemui pada tempat ibadah atau bahkan dirumah-rumah pribadi. Seni ukir kaligrafi ini juga mempunyai nilai sendiri,karena seseorang dapat memberikan pilihan ayat tersendiri untuk dijadikan seni ukir kaligrafi. Sehingga pemiliknya mengetahui makna dari kaligrafi tersebut dan akan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

            Dari ketiga contoh macam budaya islamdiatas masih banyak budaya islam yang bisa kita ketahui. Yang perlu kita semua lakukan sebagai orang muslim adalah menjaga dan melestarikan budaya tersebut hingga generasi selanjutnya serta mempertahankan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.

 125 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *