Hagia Sophia Jadi Mesjid Dan Sejarah

Hagia Sophia Jadi Mesjid Dan Sejarah Pilu Islam Andalusia

Spread the love

storyislam.comHagia Sophia Jadi Mesjid Dan Sejarah Pilu Islam Andalusia – Hari ini tengah heboh dan sangat viral pemberitaan akan pengalihan fungsi hagia sophia dari sebelumnya sebagai mesium menjadi mesjid. Yang diumumkan oleh Presiden Receb Toyyib erdogan. Setelah satu jam Pengadilan tinggi Turki membatalkan status Hagia Sophia dari sebelumnya sebagai museum.

Banyak ummat muslim bergembira atas keputusan yang diambil oleh Presiden Receb Toyyib Erdogan tersebut. Dan tidak sedikit pula orang-orang kafir yang murka dan kecewa atas keputusan itu.

Baca Juga : Tempat Bersejarah Islam yang Dijadikan Latar Drama Korea

Dan dengan lantang sang Presiden menjawab kekecewaan mereka ” Ini adalah urusan dalam negeri kami, tidak ada hak kalian mencampurinya”.

Mengingat Hagia Shophia kita akan teringat kepada sang penakluk konstantinopel yaitu Sulthan Muhammad Al-Fatih.

Namun disaat-saat kegembiraan ini, kita juga tidak dapat menyembunyikan kesedihan yang tidak pernah terobati sampai hari ini. Atas sejarah pilu yang amat mendalam, sejarah Mesjid-Catredal Cordoba yang ada di Spanyol.

Istana Al-Hambra yang sangat megah dan Mesjid-Catredal Cordoba yang dulunya adalah milik orang Muslim, kini dikuasai oleh kristen Katolik Roma. Dan hampir keseluruhan orang Andalusia/Spanyol hari ini adalah kristen, yang mana dulunya adalah termasuk salah satu pusat peradaban islam disana.

Baca Juga : 3 Masjid di Eropa Sangat Megah Dan Indah

Cordoba atau Cardova yang dalam bahasa Arabnya disebut Qurthubah adalah sebuah daerah yang kepadanya Imam Al-Qurthubi lahir dan berbangsa.

Imam Al-Qurthubi adalah salah seorang cendikiawan Muslim yang sangat terkenal dengan Tafsirnya, yaitu tafsir Al-Qurthubi yang nama aslinya adalah Al-Jaami’ Liahkaamil-Quran.

Huruf Yaa pada kalimat Al-Qurthubi adalah nisbah kepada Al-Qurthubah atau Cordoba kadang-kadang ditulis juga Cardova

Kitab Tafsir yang sangat terkenal itudan jumlahnya dua puluh lima jilid besarini, beliau tulis didalam Mesjid yang hari ini telah menjelma menjadi gereja terbesar di Negara Spanyol itu.

Mengingat Hagia Sophia kita hanya akan teringat kepada Sulthan Muhammad Al-Fatih. – Hagia Sophia Jadi Mesjid Dan Sejarah Pilu Islam Andalusia

Tapi ketika kita mengingat Andalusia, Mesjid-Catredal Cordoba dan Istana Al-Hambra kita akan teringat kepada banyak tokoh. Diantaranya sang penakluk Andalusia yaitu Thariq bin Ziyad, Imam Al-Qurthubi, Pengarang Tafsir Al-Qurthubi yang wafat pada tahun 671. H bertepatan dengan tahun 1251 M.

Pengarang Alfiyah Ibnu Malik Al-Andalusi. Dan pengarang Matan Asy-Syathibiyyah yaitu Imam Asy-syathibi Al-Andalusi yang menulis Nadhamnya lebih dari seribu bait tentang Qiraah Sab’ah. Dan masih banyak lagi.

Semoga Andalusia, Mesjid Jaami’ Cardova dan Istana Al-Hambra segera menyusul seperti Hagia Sophia kembali kepangkuan Islam dan Muslimin. Amin Yarabbal ‘Alamin. Zar

 305 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *