Sejarah Nabi Adam, Manusia Pertama

Sejarah Nabi Adam Manusia Pertama Dan Moyang Manusia

Spread the love

storyislam.com – Sejarah Nabi Adam, Manusia Pertama Dan Moyang Semua Manusia – Jauhsebelum manusia diciptakan, Allah sudah menciptakan Bumi terlebih dahulu. Namun di bumi dihuni dan dikelolah oleh makhluk lain selain manusia. Tahukah Anda siapakah yang menempati bumi sebelum manusia? Banyak sekali ulama’ yang berpendapat bahwa sebelum manusia menempati bumi Allah SWT telah menciptakan beberapa makhluk untuk mengelolah bumi. Salah satu makhluk tersebut adalah Tabirunnas, sejenis unggas pemakan biji-bijian.

            Sebelum diturunkannya makhluk tersebut kebumi, Allah berpesan bahwa tabirunnas akan dicabut nyawanya setelah persediaan makanan di bumi untuknya telah habis. Begitu persediaan makanan dibumi sudah habis Allah pun mencabut nyawa dari Tabirunnas tersebut. Setelah itu selang beberapa ribu tahun kemudian Allah kemudian menciptakan makhluk baru untuk menempati bumi dan mengelolahnya. 

Baca Juga : Mengenal Sahabat Nabi Muhammad SAW

Sebagian ulama berpendapat makhluk tersebut adalah banul jan. Namun makhluk tersebut bukannya mengelola bumi melainkan membuat kerusakan dan saling menumpahkan darah. Akhirnya Allah SWT mengirimkan pasukannya para malaikat untuk menghancurkan wanita.

Baca Juga : Sejarah Nabi Adam, Manusia Pertama Dan Moyang Semua Manusia

            Disisi lain, beribu-ribu tahun kemudian, Allah memberitahukan kepada malaikat bahwasanya hendak menciptakan makhluk baru untuk menjadi kholifah dibumi. Dialah Nabi Adam As. Namun Para malaikat khawatir akan makhluk baru (Nabi Adam) yang mungkin akan membuat kerusakan di bumi. Melihat kekhawatiran para malaikat Allah pun berfirman yang diabadikan dalam surat Al Baqoroh : 30. “Sesungguhnya Aku mengetahui Apa yang tidak kamu ketahui”.

            Kemudian allah pun memerintahkan kepada salah satu malaikat untuk mengambil tanah dari bumi. Salah satu Malaikat Allah menjalankan tugas tersebut kemudian mengambil sari pati tanah yang ada di bumi hingga berhasil. Allah lalu menciptakan manusia (Nabi Adam As) paling sempurna karena Allah melengkapinya dengan Akal, jiwa, raga serta keseluruhan panca indra. Kemudian Allah meniupkan Ruh Agar Nabi Adam menjadi semakin sempurna disinilah Sejarah Nabi Adamdisurga di mulai.

Baca Juga : Mengenal Sahabat Nabi Muhammad SAW

            Nabi adam pun menjadi makhluk paling pintar yang menghuni surga pada waktu itu. Beliau mengetahui segala jenis benda ataupun buah-buahan di surga melalui pengetahuan yang Allah berikan pada dirinya. Nabi Adam hidup bahagia dan nyaman di surga. Namun Allah mengetahui bahwa sekalipun banyak kebahagiaan disurga Nabi Adam tetaplah membutuhkan seorang pendamping yang sejenis (menurutciptaan, tanah) sebagaiteman hidupnya. Allah pun menidurkan Nabi adam, ditengah tidur nyenyaknya Allah mengambil sebagian Rusuk Nabi Adam dan diciptakannya seorang wanita berparas cantik. Dialah Siti Hawa.

Baca Juga : Kisah Nabi Adam, Khalifah Pertama yang Turun ke Bumi

            Keberadaan siti Hawa disamping Nabi Adam membuatnya bahagia, Allah mengizinkan Nabi Adam dan Siti hawa mengkonsumsi makanan apapun di surga. Kecuali salah satu buah yang bernama buah khuldi yang terletak di tengah-tengah taman surga. Seiring berjalannya waktu Nabi adam senantiasa mengerjakan perintah Allah dan menjauhi larangannya. Hingga suatu ketika Nabi Adam dibujuk oleh iblis untuk sesekali memakan buah khuldi, karena buah tersebut merupakan buah keabadian. Nabi adampun termakan rayuan iblis dan mengambil buah Khuldi serta memakannya.

            Allah yang maha mengetahui, maha melihat mengetahui perbuatan NAbi Adam dan Siti Hawa. Allah pun mengusirnya dan memerintahkan untuk menempati bumi. Nabi adam dan siti hawa diturunkan kebumi pada tempat yang berbeda sehingga membuatnya terpisah. 

Sejarah Nabi Adam dibumipun selalu menderita. Namun segala derita yang dihadapinya selalu dihadapi dengan rasa sabar sehingga pertolongan Allah pun menghampirinya. Nabi Adampun di pertemukan kembali dengan siti Hawa setelah beberapa tahun terpisah. Merekapun di karuniahi Anak, dan Anak-anak dari Nabi adampun mengisi populasi bumi.

 152 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *