Mengenal Sahabat Nabi Muhammad

Mengenal Sahabat Nabi Muhammad SAW

Spread the love

Mengenal Sahabat Nabi Muhammad SAW – Sahabat Nabi merupakan orang yang hidup pada zaman Nabi Muhammad yang secara langsung melihat dan mengenal Nabi, serta membantu perjuangan Nabi dalam menyebarkan agama islam.Para sahabat sangat berkontribusi pada masa itu.

Sampai saat ini Islam terus berkembang menjadi salah satu agama yang paling besar di dunia. Perkembangan islam memiliki aspek yang sangat luas seperti ilmu pengetahuan baik sejarah, akidah dan tafsir.

Mengenal Sahabat Nabi Muhammad SAW

Hal tersebut tak bisa dilepaskan dari peran para sahabat Nabi Muhammad yang tak pernah lelah untuk berdakwah. Berikut beberapa sahabat nabi Muhammad yang harus Anda kenali:

Abu Bakar As Shiddiq

Merupakan orang pertama yang masuk agama Islam. Abu Bakar juga khalifah pertama yang meneruskan perjuangan agama islam setelah wafatnya Nabi. Abu Bakar mempunyai sifat yang tidak jauh berbeda dengan Nabi Muhammad.

Umar Bin Khatab

Seteleh wafatnya Abu Bakar As Shiddiq, kekhalifahan berlanjut pada Umar Bin Khatab. Sebelum memeluk agam islam dulunya Umar bin Khatab merupakan salah satu orang yang memusuhi umat islam.

Sejak Memeluk agam islam dan menjadi khalifah, Umar menjadi sosok pemimpin yang mensejahterkan rakyatnya. Tak segan ia berkunjung ke tiap rumah untuk mengecek kebutuhan pokok rakyatnya.

Umar juga selalu mengawal Nabi kemanapun pergi. Umar mendapatkann julukan singa padang pasir yang terkenal karena keberaniannya.

Ustman Bin Affan

Ustman bin Affan terkenal akan kedermawanannya dan merupakan seorang pedagang yang sukses. Setiap kali akan berperang, Ustman yang membiayai perang tersebut. Untuk kepentingan agama islam, Ustman juga akan menyedekahkan harta yang dimilikinya.            

Ali Bin Abi Thalib

Merupakan salah satu sahabat Nabi yang menjadi pemuda pertama yang masuk agama Islam. Beliau menjadi pemimpin meneruskan khalifah sebelumnya yaitu Ustman Bin Affan, walaupun usianya masih muda.

Ali Bin Abi Thalib juga merupakan keponakan dan menantu Nabi Muhammad yang menikahi putri nabi yaitu Fatimah azzahra,

Itulah beberapasahabat nabi Muhammadyang patut kita contoh akan kebaikannya. Walaupun sekarang kita jauh dari masa kenabian, tapi setiap keteladanan yang terdahulu masih bisa kita contoh.

 97 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *